Skip to content

Mempersiapkan Trading

January 27, 2012

Assessment skill
Membuat perencanaan yang baik adalah sebuah keahlian. Carilah gambaran harga secara lebih luas kemudian merencanakan perdagangan secara fleksibel begitu juga pelaksanaannya. Trader yang sukses akan mempunyai perencanaan yang baik dan menerapkannya secara disiplin.

Mental preparation
Melakukan trading memerlukan mental yang benar-benar stabil, jika tidak, hasilnya akan sia-sia. Tetap tenang adalah kunci dari mental yang baik, bersikaplah seperti air yang mengalir.

Set Risk level
Berapa risiko yang akan Anda pertaruhkan? Perencanaan trading yang baik pasti sudah memperhitungkan tingkat risikonya.

Set goals
Sebelum Anda menjalankan transaksi, tentukan tujuan secara realistis potensi reward dan risiko yang akan Anda ambil. Misalnya potensi keuntungan 3 kali lebih besar daripada tingkat risiko yang akan diambil.

Do your homework
Sebelum melakukan perdagangan, informasi apa yang telah Anda ketahui? Apakah hari ini ada berita yang ditunggu pasar, kapan? Apakah suku bunga akan dinaikkan? Apakah harga minyak dunia telah menembus angka tertingginya? Ada baiknya Anda mengetahui dan memperhitungkan beberapa kemungkinan lalu melakukan sesuatu pada saat yang tepat.

Trade preparation
Sebelum memulai aktivitas trading, persiapkan segal sesuatunya, baik itu komputer atau sofware yang kita pakai, apakah segala sesuatunya sudah dipersiapkan dengan benar karena kesalahan kecil sangat berpengaruh terhadap hasil dari transaksi.

Set exit rules
“Exits are far more important than entries.” Sebagian besar trader yang gagal adalah karena terlalu konsentrasi terhadap apa yang akan didapatkan dan memberikan perhatian yang kecil terhadap risiko yang akan terjadi. Banyak trader tidak mau melepaskan harganya karena takut mengalami kerugian meskipun pada akhirnya risiko akan bertambah besar. Ingat! Trader yang profesional juga sering mengalami kerugian, tetapi mereka selalu menerapkan money management dan risk management dengan baik dan mereka tetap mendapatkan keuntungan. “Trading is probabilities between win and loss.”

Set entry rules
Selain merencanakan kapan keluar dari pasar, trading yang baik akan memperhitungkan entry position dengan tepat. Ketika saatnya tiba, jangan ragu-ragu untuk menarik pelatuk. Cepat laksanakan perdagangan! Jika sudah mendapatkan keuntungan jangan terlalu bergembira, sebaliknya jika Anda rugi, keluarlah dari pasar tidak dengan emosional untuk mempermudah perdagangan berikutnya.

Keep excellent records
Semua trader yang sukses punya rekor yang baik. Jika mereka menang, mereka akan mencari kenapa dan bagaimana? Juga ketika merugi, mereka akan mengevaluasinya untuk menghindari terjadinya hal serupa di kemudian hari. Tulislah dalam catatan kecil semua aktivitas yang telah Anda lalui termasuk aktivitas yang akan Anda ambil kemudian. Trading adalah bisnis dan Anda adalah seorang akuntan.

From → Financial

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: