Skip to content

Tips Memilih Tempat Hunian

October 4, 2011

Saat ini Denpasar dan sekitarnya sudah menjadi kota yang berkembang pesat yang mampu menyediakan lapangan pekerjaan yang menjanjikan, baik yang disediakan oleh pemerintah maupun swasta. Perkembangan ini juga harus didukung dengan ketersediaan tempat domisili. Hunian nyaman, aman, dan strategis menjadi dambaan setiap warga baik untuk domisili tetap maupun untuk rumah sewaan (domisili sementara).

Untuk pemilihan rumah tinggal sementara (indekost), sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Nyaman. Kita harus bisa merasakan kenyamanan di tempat yang akan kita tinggali karena hampir 70% waktu kita habiskan di rumah.
  2. Aman. Rasa aman menjadi dambaan setiap orang, dengan rasa aman kita tidak tebebani oleh rasa khawatir yang menguras energi kita.
  3. Bersih. Tempat yang bersih akan menciptakan diri dan lingkungan yang sehat. Kesehatan adalah modal kita untuk bisa beraktifitas.
  4. Tenang. Setelah kita beraktifitas sepanjang hari di tempat kerja, kita harus menyediakan waktu untuk bisa beristirahat dan relax dalam suasana yang tenang tanpa kebisingan.
  5. Akses masuk. Bagi Anda yang membawa kendaraan baik roda empat maupun dua, akses masuk dan tempat parkir menjadi hal yang penting. Jangan sampai Anda parkir di jalan atau parkir seri dan ketika mobil Anda menghalangi, maka Anda harus memindahkannya terlebih dahulu, repot dan terganggu bukan?
  6. Strategis. Lokasi tempat tinggal Anda juga harus strategis, dekat dengan tempat bekerja, rekreasi dan tempat perbelanjaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Anda tidak perlu menghabiskan waktu yang berharga diperjalanan.

 

Hal tersebut di atas bisa menjadi pertimbangan kita dalam memilih tempat tinggal, namun demikian biaya sewa menjadi hal yang harus dipertimbangkan pula. Menurut saya, apabila biaya sewa yang ditetapkan sanggup kita penuhi ataupun terdapat alternatif lain yang mungkin memberikan biaya sewa yang lebih murah namun ternyata kurang aman, tidak bersih, jauh dari tempat kerja atau rekreasi, tempat parkir kurang nyaman, maka sebaiknya Anda mempertimbangkan tempat tinggal yang lebih mahal namun Anda senang berada di sana, dan kesehatan terjaga.

Saya punya pengalaman beberapa kali tinggal di rumah sewaan (indekost). Saya pernah sewa rumah dengan harga relatif murah Rp.250.000,- sebulan tanpa fasilitas (kosongan), kamar mandi di luar ramai-ramai. Murah memang namun tentu saja saya harus membeli segala perlengkapan untuk bisa tinggal di sana, mulai dari kasur sampai dengan ember, dan itu merepotkan saya. Setelah beberapa hari tinggal di sana baru saya merasakan ketidaknyamanan, seperti suasana berisik terkadang sampai tengah malam, mandi ngantre, dan listriknya sering turun karena yang memakai banyak. Saya jadi kurang istirahat dan menggangu aktifitas saya di kantor, barang-barang eletronik menjadi rusak karena tegangan yang turun naik. Akhirnya setelah 2 bulan saya pindah dari tempat tersebut dan mencari tempat tinggal yang lain. Permasalahan lain muncul adalah saya harus memindahkan barang-barang saya (kasur dan teman-temannya). Ini sangat menyita waktu dan tenaga saya.

Pengalaman selanjutnya adalah saya pernah kost di Bandung dengan biaya sewa sebulan Rp.400.000,- ukuran kamar 3 x 2,5 m, tanpa bayar listrik, meja dan kasur kecil tersedia. Kondisi lingkungannya sedikit terganggu karena persis di pojok kamar adalah musholla yang setiap malam jumat melakukan pengajian, rasanya menjadi kurang tenang. Hal yang paling membuat saya kecewa adalah saya kecurian handphone dan uang saya ketika saya tinggal mandi.

Saat ini sangat banyak tempat kost yang menawarkan fasilitas, salah satunya adalah http://rentdenpasar.blogspot.com/

Silakan mengunjungi blog tersebut atau kalau Anda berada di kawasan Denpasar, Sanur, dan sekitarnya, Anda dapat langsung melihat ke lokasi karena lokasinya yang dekat dengan kawasan renon maupun pantai Sanur. Jadi menurut saya, bagi expatriate yang bekerja di hotel di kawasan Sanur, tempat ini bisa menjadi alternatif yang bagus.

 

 

2 Comments
  1. bagus sekali gambar-nya. Nice Posting

    • Rah Wirawan permalink

      Terima kasih. Foto amatir dengan kamera saku, menampilkan apa adannya.🙂

Leave a Reply

