Skip to content

Investasi beresiko

January 23, 2009

Dua hari yang lalu saya mendapat berita dari paman mengenai suatu program investasi yang dari ceritanya return-nya sangat menggiurkan.. sangat tinggi. Saya langsung teringat akan program investasi yang serupa bahkan penampilannya lebih canggih waktu itu. Pengelolanya ada di luar negeri (offshore–katanya) dan transaksi pelaporan returnnya melalui internet serta tepat waktu. Saya lupa namanya, seingat saya ada embel-embel Swiss yang akhirnya saya denger tidak berkelanjutan. Banyak nasabah yang tertipu dengan nilai kerugian yang besar. Saat itu saya juga pernah memikirkan untuk ikut karena berita dari teman menyatakan bahwa program ini sangat bagus dan mulia yaitu mensejahterakan investor kecil, dan teman saya juga sudah invest. Untuk sementara sudah mendapat return yang tinggi pula yang ditampung  ke dalam suatu account di program tsb wow.. namun baru bisa dicairkan setelah 8 bulan sejak keikutsertaan. Nah angka return yang tinggi tadi selama belum dicairkan tersebut ternyata hanya angka return virtual saja–cuma angka saja, uangnya sebagian  ‘kemungkinan’ dipakai untuk membayar return peserta terdahulu yang sudah lewat 8 bulan.  Tinggal menunggu saat dan jumlah yang tepat program tersebut kolaps… tanda-tanda kolaps pun bertahap, misalnya “ada server yang terganggu” dll.. mungkin biar investor tidak panik dan masih bisa mencari mangsa sambil menyiapkan jurus kabur.. Akhirnya saya tidak pernah mendengar berita mengenai kelanjutan investasi ini.

Aduh dewa ratu..

mungkin demikian ungkapan para investor setelah menyadari uangnya raib dan telah ditipu. Saya beruntung sekali karena belum sampai ikut berinvestasi, Tuhan masih melindungi saya.

Kembali lagi ke program investasi yang saya ceritakan di awal, saya berusaha untuk tahu bagaimana pola kerjanya dan kenapa orang-orang berani ikut menginvestasikan uang mereka. Dari beberapa browsing di internet saya akan menyalin beberapa postingan para blogger–maaf kepada blogger yang menuliskan ceritanya yang saya kutip.

Akhir-akhir ini terdapat program investasi yang dikelola di daerah Karangasem, yang menjanjikan sekali return yang diberikan sangat besar, misalnya dengan menyetor uang Rp. 50 Juta maka dalam dalam setahun akan mendapatkan mobil Avanza.

Kalau harga Avanza Rp. 100 Juta maka returnnya bisa dikatakan 100% terus dengan setoran Rp. 5 Juta dalam setahun akan mendapat sebuah motor. Betul-betul return yang menggiurkan. Namun cerita yang diperoleh paman yang diteruskan kepada saya, dikatakan bahwa mobil yang diperoleh tersebut BPKB nya ditahan sampai dengan 2 atau 3 tahun. Maksudnya apa ya???

Nah dari gambaran tersebut, dimohon kepada calon investor agar berhati-hati dalam menanamkan uangnya agar tidak terjadi kasus-kasus Swiss.. dan yang lainnya semacam Qsar dan yang di Bandung itu dulu.

Tat Twam Asi.


		

From → Warung

One Comment
  1. Gusti permalink

    Program ini diselengarakan oleh KKM (Koperasi karangasem Membangun)… sekarang sudah ditutup paksa oleh Polisi…

Leave a Reply

