Skip to content

Sifat Unik

July 27, 2008

Beberapa waktu lalu saya ngobrol dengan beberapa teman, salah satu topiknya adalah semakin banyaknya ‘mart-mart’ yang dimiliki oleh pemodal ‘asing’ mengepung kota Denpasar ini. Mengapa bisa sampai terjadi? Apakah orang Bali asli yang memiliki modal tidak bisa bersaing dengan pemodal ‘asing’ ini sehingga lahan diserahkan untuk diusahakan oleh alien ini?

“Sah-sah saja ini bisnis bli!”, kata mereka

Ternyata disamping enggan bersaing dengan pengusaha ‘alien’ ini ada suatu kendala yang sangat mendasar, Tatkala seorang pengusaha asli Bali yang ingin berusaha di atas tanahnya dan sudah menyatakan tekad untuk usaha tidak mendapat dukungan dari lingkungan (‘pisaga delod umah’). Ijin untuk usaha terganjal karena ‘pisaga delod umah’ susah untuk memberikan tanda tangan penyanding (di lokasi rencana usaha terdapat 8 KK yang harus dimintakan persetujuan) katanya mau tanda tangan, namun untuk satu tanda tangan biayanya 5 juta ( berarti untuk mendapat persetujuan lingkungan saja udah habis 40jt, belum ngurus ijin-ijin lainnya). Akhirnya, sang pebisnis Bali ini menunda untuk usahanya dan ada rencana tempatnya akan dikontrakan.

Yang saya maksud dengan suatu kendala mendasar adalah ketika nyama Bali ini tidak suka melihat nyama Bali lainnya lebih maju.. (Matsarya-kadang saya pun memiliki sifat seperti ini).. Akan menjadi suatu ironi ketika suatu saat nanti ada datang investor ‘alien’ mengontrak tempat tersebut dan dengan powernya usaha tersebut jalan dan tentunya memberikan efek kepada lingkungan yang mungkin tidak sesuai dengan Tri Hita Karana yang didengung-dengungkan calon gubernur sewaktu pilkada kemarin.

Semeton Bali.

From → Warung

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: