Skip to content

Jatiluwih

April 30, 2008

jatiluwih

Jatiluwih dari dulu hingga saat ini menjadi daerah yang sering dikujungi oleh wisatawan yang mendambakan alam pedesaan yang masih alami dengan pemandangan hamparan sawah beserta terasering yang menakjubkan . Desa Jatiluwih berjarak sekitar kurang lebih 6 km dari desa kelahiran saya, Senganan. Seperti juga diberitakan oleh stasiun tv Metro TV, Jatiluwih oleh PBB dijadikan ‘World Heritage Site’ karena masih alaminya dan bagusnya tatanan kehidupan di daerah ini. Selain dari segi alam yang alami, Jatiluwih masih memiliki tradisi yang sangat baik, keseimbangan kehidupan masyarakat Jatiluwih merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap ‘gelar’ World Heritage Site ini. Kesimbangan yang dimaksud adalah, warga Jatiluwih begitu sadar akan Pencipta Alam ini, berdasarkan kesadaran ini warga Jatiluwih memiliki tatanan kehidupan yang bermartabat. Sadar dengan Sang Pencipta dan sadar dengan ciptaan sang Pencipta. Jadi sederhananya warga Jatiluwih menjaga hubungan dengan sangat baik, ke atas, ke samping, dan ke bawah. Alam yang terjaga dengan sangat baik ini disebabkan oleh keyakinan yang kuat terhadap kelangsungan hidupnya.

Di sebelah utara desa Jatiluwih ini langsung berbatasan dengan Gunung Batukaru, terdapat beberapa pura yang sering dikunjungi oleh umat Hindu di Bali yaitu Pura Petali (diempon oleh warga Jatiluwih), Pura Bujangga, Pura Taksu, serta agak sedikit ke arah barat laut lagi yaitu Pura Batukaru.

Mendengar kata Jatiluwih yang ada dibenak kita mungkin adalah sawah dengan terasering dengan subaknya yang tertata rapi. Tidak jarang pula yang dikenal masyarakat tentang Jatiluwih adalah beras merah yang sering disebut masyarakat Padi Bali. Beras Merah mengandung gizi yang tinggi, berdasarkan pengalaman saya makan nasi dari beras merah ini adalah rasanya lebih enak dan menyehatkan karena kulit ari yang banyak mengandung vitamin B masih menempel di berasnya.  


From → Natah Tabanan

3 Comments
  1. Interesting!

  2. dek ponk permalink

    Ya jatiluwih tempat yang sangat bagus untuk refresing. alamnya yang hijau sangat manyegarkan mata.

    • natahbali permalink

      Harus tetap kita jaga, dan jangan lupa beli beras merah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: